BENTUK DAN LAMBANG

Bentuk lambang

Bentuk lambang adalah garis lengkung yang membentuk lima sudut

Arti lambang

a.      Garis tebal pinggir berbentuk segilima melengkung : menunjukan dasar/ fundamen agama islam (rukun islam) bertepatan sama jumlahnya dengan pancasila dasar Negara RI dan keduanya saling berkaitan.

b.      Warna dasar hijau lumut : ketulusan, kesejukan, kesuburan, kedamaian serta ketenangan siswa-siswi MA-BU dalam menggali khasanah ilmu pengetahuan di bumi bahrul ulum.

c.     Ayat suci al qur’an : menggambarkan bahrul ‘ulum bagaikan samudra ilmu pengetahuan. Samudra yang sangat luas penuh dengan berbagai macam ikan serta mutiara-mutiara yang berkilauan memancarkan cahayanya. Yang tak terkira kesanggupan untuk menghabiskan, ilmu yang mereka peroleh menjadi setetes air yang bergabung dalam satu samudra.

d.       Empat kitab yang berjajar rapi : MA-BU senantiasa berpegang teguh pada madzhab dan ahlus sunnah wal jamaah

e.       Api berkobar ; semangat belajar yang membaja yang takkan pernah padam untuk eraih prestasi yang gemilang serta keteguhan mereka dalam menghadapi segala rintangan yang menjadi penghalang semangat mereka.

f.      Bola dunia ; dengan bekal Scince dan Skill yang telah dimiliki siswa-siswi MABU mampu mengiring air samudra harapan, mengiring burung-burung ke pohon-pohon batin, mengiring kehijauan keranting-ranting sukma serta mampu mengepakkan sayap untuk menjelajah seantero belahan dunia. Manusia pertama diciptakan oleh Allah SWT dengan tanah dan pada akhirnya kembali lagi ke asalnya.

g.       Huruf cetak Madrasah Aliyah Bahrul 'Ulum; dalam lingkaran adalah nama almamater yang senantiasa disinari dan dilandasi empat unsure utama alqur’an sunnah qiyas dan ijma’

Sukem

Sukem